8 Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda yang Sering Terjadi

- December 01, 2017


Tubuh uban merupakan hal yang biasa terjadi pada seseorang yang menginjak usia sekitar 50 tahun, orang Indonesia pada umumnya memiliki kadar melanin yang tinggi sehingga rambut orang Indonesia berwarna hitam. Bersama dengan proses penuaan kadar melanin akan berkurang yang menyebakan rambut berubah warna menjadi putih atau abu-abu.

Meski pada umumnya uban tumbuh pada rambut orang yang berusia sekitar 50 tahun, tidak menutup kemungkinan seseorang yang berumur 20 tahun atau kurang sudah memiliki uban. Perlu diketahui uban yang sudah tumbuh tidak bisa dihilangkan melainkan ditutup dengan cat rambut.

Apakah penyebab tumbuhnya uban diusia muda?

8 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

1. Penyakit tiroid

Masalah tiroid baik kelebihan atau kekurangan dapat mengurangi kadar meanin pada rambut yang akan menimbulkan perubahan warna menjadi putih atau abu-abu, untuk itu tidak ada salahnya jika kita memeriksa kadar tiroid pada tubuh jika tiba-tiba tumbuh uban.

2.Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 merupakan salah satu suplemen yang dibutuhkan tubuh yang memiliki fungsi diantaranya


  • Membantu produksi energi
  • Mengatur Sistem syaraf yang sehat
  • Melindungi kita terhadap penyakit jantung
  • Kesehatan kulit
  • Mengurangi resiko berbagai jenis kanker


Vitamin B12yang menghasilkan seng dan tembaga berperan memberi makan untuk rambut. Oleh karenanya. Biasanya para Vegetarian membutuhkan asupan vit B12 lebih banyak.

3. Faktor Genetik

Tumbuh uban diusia muda bisa juga turunan, artinya jika orang tua anda pernah mengalami hal ini kemungkinan besar anda juga akan mengalami.

4. Makanan cepat saji

Bagi anda penggemar makan cepat saji perlu dikurangi, makanan cepat saji dapat menghasilkan radikal bebas. Biasanya orang yang kecanduan Junkfood akan mudah tumbuh uban diusia muda.

5. Stres

Jika banyak yang mengklaim bahwa uban muncul akibat stres, tidak dapat ditepis. Stres mengakibatkan ketidak seimbangan pada metabolisme tubuh yang akan berdapak buruk bagi kesehatan, Segala bentuk tekanan psikologis dapat mengurangi kadar melanin pada tubuh.


6. Diet yang salah

Mengurangi berat badan dengan cara diet yang tidak seimbang dapat menimbulkan efek samping, tubuh anda tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, salah satunya vitamin B12, maka fungsi tubuh anda tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut

7. Penggunaan hair dryer dan catok rambut secara berlebihan

Jika anda terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok rambut, hal ini dapat membuat batang rambut anda menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban prematur.

8. Kekurangan asam folat

Asam folat sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut anda, namun juga bisa menyebabkan rambut anda berubah warna menjadi abu-abu.

Jika kita memiliki uban ada 14 gambaran penyebab mana yang kira-kira ada pada diri kita, bisa kita perhatikan dari kebiasaan kebiasaan kita atau bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya.