8 Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Mudah Dideteksi dan Dikenali

- December 01, 2017

Tidak kebanyakan orang tahu bagaimana mengetahui tanda-tanda hamil 1 bulan pada orang wanita. Pengetahuan ini perlu terlebih untuk beberapa wanita pasangan muda yang baru menikah yang umumnya bertanya-tanya apakah dianya telah hamil atau belum juga. Kehamilan biasanya senantiasa ditunggu-tunggu oleh beberapa besar pasangan yang menginginkan selekasnya memperoleh momongan. Tetapi terdapat banyak pasangan juga yang berniat tunda kehamilan karna sebagian argumen. Apa pun itu, yang tentu semuanya wanita butuh ketahui sinyal tanda ada kehamilan pada bulan pertama, supaya bisa lakukan rencana setelah itu bila dianya betul-betul hamil. Tidak cuma untuk wanita, untuk seseorang suami juga sebaiknya juga tanggap mengenai kehamilan yang tengah dihadapi istrinya.

Dengan ketahui tanda-tanda hamil 1 bulan ini, jadi seseorang calon ibu akan lebih memerhatikan kesehatan janinnya. Karna ada beragam kegiatan yg tidak bisa dikerjakan oleh ibu hamil muda karna bisa membahayakan janin yang dikandungnya, umpamanya saja lakukan berolahraga berlebihan, minum obat-obatan kimia tanpa ada resep dokter, atau konsumsi makanan yang menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim. Untuk meyakinkan kehamilan, umumnya wanita memakai alat test kehamilan (test pack) atau kontrol ke dokter kandungan untuk lakukan USG. Tetapi, terdapat banyak wanita yang kurang sukai mengerjakannya karna kuatir bebrapa janganlah dia tidak jadi hamil hingga takut tidak sesuai harapan sendiri ataupun suami yang telah tidak sabar menantikan buah hatinya.

Ketahui Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan Tanpa ada Alat 

Untuk ketahui tanda-tanda hamil 1 bulan dengan gampang tanpa ada memakai alat pada intinya yaitu dengan memerhatikan sinyal tanda fisik ataupun fisiologis yang berlangsung pada badan seseorang wanita. Ciri-cirinya adalah seperti berikut :

1. Terlambat menstruasi/datang bulan 

Terlambat menstruasi/datang bulan adalah tanda-tanda hamil 1 bulan yang paling umum. Bila Anda alami siklus haid yang teratur serta nyatanya pada bulan ini tidak memperoleh menstruasi jadi besar peluang Anda tengah hamil. Namun langkah tersebut umumnya agak sulit diaplikasikan pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur, hingga mesti digabungkan lewat cara yang beda. Dengan fisiologis, haid berlangsung karna sel telur yang sudah masak tidak dibuahi atau tidak berhasil dibuahi oleh sel sperma hingga luruh jadi darah haid. Namun bila sistem pembuahan berhasil, jadi sel telur (ovarium) tidak keluar dari organ intim wanita namun juga akan melekat pada dinding rahim jadi embrio.

2. Keluarnya bercak darah/flek

Pada awal kehamilan ada tanda-tanda hamil 1 bulan yang begitu ciri khas yakni berbentuk keluarnya bercak darah/flek dari organ intim. Keluarnya bercak darah ini karena ada sistem implantasi (penempelan) embrio pada dinding rahim. Bercak darah yang di keluarkan umumnya cuma sedikit atau berbentuk flek yang berwarna merah muda atau coklat. Keluarnya bercak darah ini umumnya juga dibarengi ada sinyal kram perut yang berlangsung dalam taraf enteng. Meskipun sinyal ini termasuk juga normal, tetapi mesti diwaspadai bila bercak darah di keluarkan dalam volume yang banyak serta ada kram perut yang hebat karna mungkin saja adalah sinyal kehamilan abnormal atau terjadinya keguguran.

3. Payudara yang membesar 

Tanda-tanda hamil 1 bulan yang selanjutnya yakni payudara jadi semakin besar serta kencang. Hal semacam ini karena ada penambahan hormon estrogen serta progesteron. Pada daerah aerola (lingkaran sekitar puting susu) lebih hitam dari umumnya. Payudara umumnya lebih peka serta ada urat-urat biru di jaringan kulit yang mulai tampak. Bahkan juga pada awal kehamilan sebagian wanita ASI nya telah mulai keluar meskipun baru sedikit.

4. Mual muntah

Ada perubahan hormonal serta timbulnya janin didalam rahim menyebabkan tanda-tanda hamil 1 bulan berbentuk mual muntah. Keadaan ini umumnya berlangsung pada pagi hari hingga seringkali dikatakan sebagai morning sickness. Mual muntah ini intensitasnya tidak sama pada wanita yang satu dengan yang beda, ada yang cuma terkadang namun ada juga yang sering berlangsung tanpa ada mengetahui saat. Bahkan juga ada pula wanita yang alami mual muntah selama hidup kehamilannya hingga bayinya lahir. Pada wanita hamil umumnya juga lebih peka pada bau-bau spesifik hingga bisa lebih menyebabkan terjadinya mual. Perubahan hormon dapat juga jadikan wanita begitu inginkan type makanan spesifik atau yang seringkali dimaksud ngidam.

5. Seringkali buang air kecil 

Seringkali buang air kecil adalah tanda-tanda hamil 1 bulan yang dikarenakan ada penambahan hormon kehamilan, penambahan volume darah pada badan, ginjal yang bekerja ekstra keras, atau karna ada janin yang menekan kandung kemih. Pada wanita hamil dalam urine bercampur dengan hormon kehamilan yakni hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang seringkali dipakai jadi tanda pada test kehamilan.

6. Gampang capek 

Gampang lelah adalah tanda-tanda hamil 1 bulan yang karena sebab ada janin didalam rahim buat jantung bekerja lebih ekstra untuk memenuhi keperluan nutrisi yang dibawa oleh darah dari jantung menuju janin. Pada awal kehamilan, wanita hamil umumnya rawan menanggung derita anemia atau kurang darah. Hingga begitu perlu di perhatikan konsumsi nutrisi untuk kesehatan ibu hamil serta perubahan janin yang dikandungnya.

7. Seringkali sembelit 

Sinyal tanda hamil 1 bulan dapat juga berbentuk seringkali alami sembelit. Hal semacam ini karena karna ada penambahan hormon progesteron yang mengendurkan otot rahim sekalian otot dinding usus. Mengendurnya otot dinding usus ini juga akan menyebabkan pada terjadinya sembelit pada ibu hamil. Untuk mengatasinya memperbanyak makanan yang memiliki kandungan serat yang terdapat banyak pada beragam buah-buahan serta sayuran.

8. Perubahan pada bentuk badan

Pada saat awal kehamilan, meskipun perut masih tetap kecil tetapi bila dilihat dengan cermat jadi ada sinyal tanda kehamilan perubahan pada bentuk badan wanita. Terkecuali payudara yang jadi membesar, umumnya sisi badan beda seperti pantat, paha, serta lengan juga tampak jadi membesar. Pada wajahpun umumnya juga tampak lebih diisi serta tampak sayu. Tetapi perubahan bentuk badan ini umumnya agak sulit dideteksi terlebih pada wanita yang mempunyai tubuh yang gemuk.

Untuk meyakinkan kebenaran dari tanda-tanda hamil 1 bulan yang sudah diterangkan diatas, baiknya Anda selekasnya lakukan test kehamilan dengan test pack ataupun kontrol ke bidan atau dokter kandungan supaya peroleh kepastian yang betul-betul akurat. Dengan ketahui tanda-tanda itu sekurang-kurangnya Anda telah terasa percaya serta tidak terasa kuatir atas kehamilan Anda. Bila Anda sudah betul-betul hamil, jadi senantiasa cermati gaya hidup Anda supaya tidak beresiko jelek untuk perubahan sang buah hati, seperti hindari rokok serta minuman mengandung alkohol. Berusahalah selalu untuk lengkapi keperluan nutrisi serta beristirahat yang cukup.

Kerjakan berolahraga enteng untuk melatih otot serta membuat lancar peredaran darah. Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan serta sayur jadi penyedia vitamin serta mineral yang begitu baik untuk kesehatan ibu serta perubahan janin dan untuk membuat lancar pencernaan. Bila konsumsi obat-obatan baiknya sesuai sama resep dari dokter, sebab terdapat banyak type obat yg tidak bisa dikonsumsi ketika wanita tengah hamil. Janganlah lupa untuk memeriksakan kehamilan Anda dengan berkala baik ke bidan ataupun ke dokter kandungan.