7 Ciri-Ciri Sakit Maag dan 2 Cara untuk Mengobatinya

- December 01, 2017

Tanda-tanda sakit maag butuh Anda kenali mulai sejak awal supaya bisa selekasnya diatasi hingga tidak jadi bertambah kronis serta jadi kritis. Menanggung derita sakit maag benar-benar sangat mengganggu, terlebih bila maag berlangsung waktu Anda tengah ada pada beberapa peristiwa perlu. Beberapa orang yg tidak mengerti bila dianya menanggung derita sakit maag serta berlangsung pembiaran yang berlarut-larut hingga jadi lebih susah diatasi. Maag umumnya berlangsung dengan berulang atau seringkali kambuh. Perihal ini pula yang buat penderitanya seringkali terganggu serta buat kwalitas hidup seorang bisa alami penurunan. Dapat dipikirkan bila Anda seseorang pekerja serta mesti bergelut hadapi sakit maag yang seringkali kambuh, tentunya bisa beresiko pada berkurangnya produktifitas kerja.

Maag atau dalam bhs medis dimaksud Gastritis adalah penyakit peradangan pada lambung. Peradangan ini bisa karena sebab infeksi bakteri ataupun karna berlangsung penambahan asam lambung dengan penting. Bakteri yang seringkali mengakibatkan gastritis yakni Helicobacter Pylori. Sedang penambahan asam lambung bisa dipicu karna konsumsi makanan yang sangat asam, sangat pedas, makanan yang banyak terkandung gas, minuman bersoda, alur makan yg tidak teratur, ataupun karena stres. Sakit maag bisa berlangsung dengan enteng ataupun berat. Pada maag yang berbentuk berat ini umumnya karna telah berlangsung luka/tukak yang cukup banyak atau berlangsung pada ruang yang cukup luas di daerah lambung.

Ciri-Ciri Sakit Maag yang Butuh Anda Perhatikan

Sakit maag sering memberi manifestasi klinis yang beragam pada tiap-tiap orang. Tetapi, bila Anda alami satu diantara atau sebagian dari tanda-tanda sakit maag di bawah ini, Anda butuh siaga hingga bisa mencari info selanjutnya mengenai langkah mengatasinya maupun berkonsultasi pada dokter untuk memperoleh perlakuan selanjutnya. Tanda-tanda itu yakni :

1. Kembung

Rasa kembung adalah tanda-tanda sakit maag diakibatkan karna penambahan asam lambung yang beresiko pada terjadinya gas didalam lambung. Rasa kembung ini umumnya dimanifestasikan ada rasa penuh didalam perut serta merasa kencang. Rasa kembung bisa muncul dalam tempat perut tidak terisi ataupun saat makan dengan jumlah yang agak banyak. Tanda ini pastinya buat penderitanya begitu tidak nyaman, makan jadi tidak enak, serta malas untuk lakukan beragam kegiatan.

2. Nyeri

Rasa nyeri pada perut adalah tanda-tanda sakit maag yang begitu seringkali dirasa oleh pasien maag. Nyeri yang diakibatkan bisa beragam, salah satunya yakni lambung merasa perih, rasa seperti ditusuk-tusuk, diremas-remas, ataupun rasa panas seperti terbakar. Rasa nyeri ini umumnya bisa hilang serta muncul. Lamanya nyeri juga beragam pada setiap pasien, ada yang cuma sebentar namun ada juga yang berjalan cukup lama. Rasa nyeri seringkali muncul di lambung sisi atas hingga ke ulu hati.

3. Mual atau Muntah

Ada iritasi pada lambung baik karna infeksi bakteri ataupun produksi asam lambung yang berlebihan bisa menyebabkan refleks pada lambung untuk lakukan perlawanan. Pada sistem ini umumnya juga akan berlangsung satu tanggapan baik mual ataupun muntah. Mual serta muntah ini umumnya berlangsung bila lambung terima makanan type spesifik, bahkan juga bila telah kronis nyaris semuanya makanan tidak diterima oleh lambung.

4. Nafsu Makan Menurun

Tanda-tanda sakit maag yang selanjutnya yakni nafsu makan yang alami penurunan. Hal semacam ini umumnya dipicu karna ada rasa penuh didalam lambung, hingga perut merasa seperti kenyang tetapi rasa-rasanya begitu tidak nyaman. Perasaan berikut yang menyebabkan pasien jadi tidak nafsu makan.

5. Tubuh Gampang Capek/Lesu

Tubuh gampang capek/lesu juga adalah satu diantara tanda-tanda sakit maag yang seringkali dirasa oleh penderitanya. Hal semacam ini berlangsung karna lambung jadi organ pencernaan alami peradangan bahkan juga hingga berlangsung luka hingga juga akan mengganggu sistem metabolisme badan, termasuk juga penyaluran nutrisi ke beberapa sel serta jaringan badan. Kondisi ini juga akan mengakibatkan pasien sakit maag jadi gampang capek, lesu, atau kurang bergairah.

6. Seringkali Bersendawa

Bila seringkali bersendawa mungkin saja Anda tengah menanggung derita sakit maag. Bersendawa bisa jadi tanda-tanda sakit maag karena berlangsung penimbunan gas didalam lambung. Sendawa pada sakit maag berlainan dengan sendawa pada kondisi normal. Sebab sendawa pada sakit maag umumnya rasa-rasanya tidak enak seperti orang waktu alami masuk angin.

7. Buang Air Besar yang Abnormal

Buang air besar dibarengi darah adalah tanda-tanda sakit sakit maag yang bisa berlangsung pada fase kritis. Hal itu diakibatkan karna berlangsung luka/ulkus pada lambung yang cukup luas hingga darah bisa terikut ke usus besar serta keluar dengan feses.

Langkah Menyembuhkan Sakit Maag yang Dapat Anda Kerjakan

Ada beragam langkah untuk menyembuhkan sakit maag, yakni dengan tradisionil ataupun dengan medis. Langkah tradisionil baik untuk diaplikasikan bila sakit maag Anda tetap dalam step awal atau belum juga berlarut-larut. Bila tidak kunjung pulih jadi baiknya memakai penyembuhan dengan medis, bahkan juga bila perlu mesti pergi ke dokter. Di bawah ini beberapa cara menyembuhkan sakit asam lambung dengan tradisionil serta medis.

1. Dengan Tradisionil

Obat sakit maag dengan tradisionil bisa Anda tentukan jadi penyembuhan alternatif yang memakai dari manfaat tumbuhan yang ada di alam. Obat itu diantaranya dengan ramuan kunyit. Langkahnya yakni dengan memarut 2 batang kunyit, diperas, serta digabung dengan air seperlunya lantas diminum 2 kali satu hari. Ada dengan juga ramuan daun jambu biji lewat cara merebusnya lalu di ambil airnya serta diminum 3 kali dalam satu hari.

Diluar itu dapat juga memakai biji pepaya serta kacang kedelai. Bila memakai biji pepaya, jadi ambillah biji pepaya seperlunya, dikeringkan, lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian campur tumbukan biji pepaya itu dengan air masak lantas diminum dengan teratur 2 kali dalam satu hari. Bila memakai kacang kedelai, jadi sangrai kacang kedelai seperlunya (tanpa ada minyak) lantas ditumbuk. Sesudah halus, lantas seduh dengan air masak serta diminum 1 kali dalam satu hari.

2. Dengan Medis

Untuk obat sakit maag dengan medis, jadi Anda mesti berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh resep yang pas sesudah lewat rangkaian kontrol. Untuk beberapa masalah kritis, dalam rencana memperoleh deskripsi yang akurat mengenai kondisi riil didalam lambung, umumnya dokter juga akan lakukan kontrol gastroscopy. Prosedur ini dikerjakan lewat cara memasukkan selang kecil yang ujungnya ada camera kedalam lambung hingga diperoleh hasil photo yang bisa melukiskan luas serta banyak luka pada dinding lambung. Langkah tersebut tidak menyebabkan rasa sakit, sebab pasien juga akan di beri obat bius untuk sesaat saat.

Sesudah mendeteksi sinyal tanda penyakit maag pada badan Anda, dokter juga akan meresepkan beragam gabungan obat sesuai sama hasil kontrol yang dikerjakan. Obat yang diresepkan umumnya adalah beragam gabungan obat dari type penghalang pompa proton (umpamanya lanzoprazole atau omeprazole), obat antagonis reseptor H2 (contoh ranitidine, simetidine), serta kelompok obat antasida. Bila maag diakibatkan karena infeksi bakteri, jadi dokter juga akan memberikan type antibiotik, seperti type amoxicillin, metronidazole, atau claritromycin. Obat-obatan itu pastinya mesti diminum dengan teratur dengan dosis yang pas sesuai sama saran dari dokter Anda.

Alur Hidup Sehat Untuk Menghindar Sakit maag

Sesudah ketahui tanda-tanda sakit maag yang diterangkan diatas dan penyembuhannya, untuk menangani sakit maag jadi Anda bisa mengaplikasikan gaya hidup sehat seperti di bawah ini :



  • Bila Anda memiliki sakit maag, jauhi makanan yang banyak terkandung gas, seperti nangka, nanas, duren, kol, sawi, serta tape.
  • Jauhi makanan yang sangat asam serta sangat pedas
  • Jauhi makanan yang sulit diolah oleh lambung, seperti makanan berlemak, coklat, serta keju.
  • Jauhi minuman yang memiliki kandungan soda, kaffein, serta alkohol
  • Jauhi rokok
  • Buat fikiran yang tenang untuk hindari stres
  • Olahraga dengan teratur untuk memperlancar metabolisme badan
  • Konsumsilah dengan teratur dengan jumlah yang lumrah/tidak terlalu berlebih.


Sekianlah artikel ini mengenai apa sajakah tanda-tanda sakit maag atau asam lambung dan beberapa hal apa sajakah yang dapat Anda kerjakan untuk mengobatinya dan menghindar agar tidak terserang sekali lagi di masa datang. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk kita semuanya.